jump to navigation

“Darah Plastik” : Darah masa depan penyelamat kehidupan May 13, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Dunia science berkembang begitu cepat. Kadang hasil temuannya bikin kita kagum. Banyak hal yang tadinya mustahil menurut akal kita, ternyata bisa tuh diwujudkan. Contohnya aja soal ditemukannya darah berbahan plastik. Jadi, diwaktu mendatang, plastik nggak cuma dipake buat kantong kresek aja,  tapi bisa juga sebagai bahan baku darah. Wah.. yang bener?


Emang kedengerannya main-main. Para peneliti dari Universitas Sheffield, Inggris, sekarang lagi ngembangin darah buatan yang bahannya dari plastik. Nantinya, darah ini akan banyak fungsinya terutama saat-saat situasi darurat seperti perang dan bencana alam. Kenapa? Darah buatan ini sangat praktis. Bobotnya ringan banget, jadi mudah dibawa dan disimpan.


Udah gitu, masa hidup darah ini juga lebih lama. Darah alami, cuma bisa bertahan hidup nggak lebih dari 35 hari. Lebih dari itu, darah mesti dimusnahkan. Dan lagi darah itu juga mesti ditempatkan di sebuah mesin pendingin yang suhunya udah diatur. Sedang darah buatan, umurnya lebih lama dan lebih stabil dalam temperatur ruang. Para pengguna juga nggak perlu kuatir kok dengan masalah yang biasanya dihadapi saat proses transfusi darah.


Saat transfusi darah nggak jarang dikeluhkan soal ketidakcocokan golongan darah, ditemukannya penyakit dalam darah sampe terbatasnya stok persediaan darah. Nah, kalo pake darah ini semua itu nggak bakalan terjadi. Darah buatan dibikin dari molekul plastik yang bisa nyimpen atom besi dalam intinya, seperti hemoglobin yang bisa ngikat oksigen dan ngedarinnya ke seluruh tubuh.

 

Berhubung darah buatan ini terbuat dari plastik, maka ringan bobotnya hingga mudah dibawa serta mudah untuk disimpan. Para dokter dapat menyimpannya dalam bentuk pasta kental dalam kantung darah dan melarutkannya dengan air sebelum diberikan kepada pasien – menunjukkan bahwa darah buatan ini lebih mudah dibawa daripada darah cair.

Dalam pengembangannya, para peneliti berharap darah buatan ini dapat berguna untuk aplikasi militer dan peristiwa darurat lainnya. Dan karena terbuat dari plastik maka dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Para peneliti saat ini sedang meneliti lebih jauh untuk mengembangkan prototype akhir yang tepat untuk pengujian biologi.

Dr. Lance Twyman, dari Departemen Kimia Universitas Sheffield, yang telah mengembangkan darah buatan ini dalam lima tahun terakhir mengatakan: “Kami sangat senang dengan potensi dari produk darah sintetik dari plastik dan fakta bahwa ini dapat menyelamatkan nyawa manusia. Banyak orang yang meninggal karena terluka saat kecelakaan atau terluka dalam peperangan dan tidak dapat memperoleh darah sebelum mereka ke rumah sakit. Darah plastik dapat disimpan lebih mudah daripada darah, dan dalam jumlah banyak dapat lebih mudah dibawa dengan ambulans dan angkatan bersenjata. Metode ini juga murah sehingga kita dapat membuat berton-ton material ini jika dibutuhkan.” Dia menambahkan: “Saya harap masyarakat dapat menyaksikannya di Museum Pengetahuan dan semoga pada masa yang akan datang dapat lebih dari sekedar prototipe, tapi dapat menjadi produk nyata yang berguna dalam situasi hidup atau mati.”

Comments»

1. uzu - August 23, 2008

halo, saya mau tanya dong gimana cara dapetin barang tersebut. lumayan untuk cadangan kalo2 saya kehabisan darah, dan memang di Indonesia sudah ada belum? kalau mau beli barang tersebut dimana ya, tolong kasi tau alamat dan cara pemesananya serta harganya ke e-mail saya aapuzu@yahoo.co.id
trim’s

2. I-punk - August 26, 2008

Bener ga tuh,..darah Plastic bisa berfungsi ?????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: