jump to navigation

SMS Merah May 13, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Isyu tentang nomor telepon berwarna merah cukup membuat puyeng. Berita antah berantah ini muncul dan mulai ramai sekitar hari Kamis 8 Mei yang lalu. Beritanya cukup heboh meski isinya aneh dan kental aroma mistis. Toh tetap ada banyak orang yang percaya dan was-was. Paling tidak turut ‘berbaik hati’ menyampaikan pesan berantai tak bertuan ini ke mana-mana. Terbukti dengan banyaknya SMS yang masuk dan keluar terkait dengan isyu ini.

Yang belum mudeng (nyambung) dengan berita ini silakan simak 2 SMS yang beredar berikut ini:

Kalau ada telp yang Nomor berwarna merah (0866) dan (0666) jangan diangkat karena dapat menelan jiwa. Hari ini sudah disiarkan diberita, terjadi di jakarta dan duri dan sudah terbukti. Sekarang masih di usut oleh pihak kepolisian, dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh melalui telepon genggam (HP) oleh dukun ilmu hitam / si penelpon adalah roh gentayangan yg mencari mangsa, harap di mengerti dan kirim semua, harap saling membantu sesama umat manusia.

atau variasi sms lainnya seperti tanpa menyebutkan digit awal no telpon warna merah.

Klo ada yg tlpn NO BERWRN MERAH jgn diangkat krn bs MENELAN JIWA, hr ini disiarkan dibrita,tjd dijkt&duri, n SDH TERBUKTI, skrg msh diusut o/ pihak KEPOLISIAN, dugaan smntr adl kasus PEMBNHN JRK JAUH MELALUI HP o/ DUKUN ILMU HTM/si penelpon adl ROH GENTAYANGAN yg mencr MANGSA, hrp dimngrt & krm ke tmn/sdr semua, hrp slg membnt ssm umat MANUSIA.

atau SMS semisal dengan redaksi yang sedikit berbeda dan tambah bumbu lainnya. Ini cukup meresahkan, bahkan di beberapa tempat berhasil memakan korban. Namun sebenarnya bukan persis seperti ancaman yang ada dalam berita sms tsb, melainkan lebih pada kondisi kejiwanan (mental) yang menerima sms.

Berita terakhir salah satu putra Uwak Mala (salah seorang asisten istri) unfall dan diopname di RS Kesrem Lhokseumawe setelah menerima sms ini. Usut punya usut, ybs memang punya penyakit jantung. Keterkejutan membuatnya unfall, bukan sihir nomor telpon merah. Karena memang belum ada nomor tsb yang masuk, baru sekedar sms pemberitahuan. Nah lo! Cukup jahat sms iseng ini. Berita tentang korban dapat dibaca di detikinet, silakan browsing.

Ada lagi info tentang sms ngawur ini yang sempat “mematikan” kabupaten Bireuen. Bayangkan, karena termakan isyu, banyak orang dan outlet yang mematikan handphone dan menutup toko pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2008, karena takut kalau-kalau kejadian itu benar adanya. SMS bahkan dibumbui tentang adanya korban sakit bahkan meninggal di Takengon. Keruan orang Bireuen makin paranoid. Padahal tanggal 9 adalah hari diluncurkannya tarif baru simPATI PeDe 13, juga hari dimana para BM Lhokseumawe melakukan spreading ke kota-kota di wilayah kerja graPARI Lhokseumawe. “Bagaimana mau laku pak, banyak toko yang tutup karena isyu sms ‘berhadiah’ kejang-kejang pak”. Setidaknya begitulah laporan salah seorang yang melakukan spreading produk ke Bireuen. Aneh tapi nyata.

Ada teman yang juga anggota dewan yang sempat telpon sekedar konfirmasi kebenaran hal ini. Katanya, WHO pun memperingatkan bahaya ini. Hah?! WHO turut khawatir terhadap nasib bangsa kita terkait dengan sms gak jelas ini. Yang bener aje?! WHO badan dunia dengan seabreg (banyak sekali) masalah yang dihadapi, turun untuk berpartisipasi mengingatakan bahaya ini. Luar biasa! Takhayul ini perlu diperkuat oleh badan kesehatan dunia.

Dulu ramai surat berantai -baik dikirim atau via email- yang mengatasnamakan kuncen makam Nabi Muhammad shallollohu ‘alayhi wa wwlihi wa sallam, yang isinya sepertinya benar namun ada virus TBC (Takhayul, Bid’ah dan Khurofat) di dalamnya. Sekarang tekhnologi berubah. Media yang digunakan bisa beragam termasuk hape yang murah meriah. Targetnya bisa seribusatu macam. Yang pasti tidak perlu kesusu (tergesa gesa) percaya dengan hal yang berbau mistis alias takhayul. Perlu kewaspadaan dan kearifan berfikir sebelum kita memforward sms yang seperti ini. Bahkan sebaiknya kita memberikan pencerahan terhadap orang yang mem-forward ke kita. Ini pelajaran berharga, silakan ambil hikmahnya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: