jump to navigation

Robot Pelompat Selincah Belalang June 1, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Selincah belalang, robot kecil yang dikembangkan para peneliti Swiss mempu melompat sejauh 27 kali lipat daripada panjang tubuhnya. Robot tersebut akan sangat bermanfaat untuk menyurvei lokasi-lokasi yang tidak dapat dilakukan robot beroda atau berkaki.

“Kami membuatnya meiliki kemampuan melompat setara dengan belalang,” ujar Mirko Kovac, dari Laboratorium Sistem Intelegensia Politeknik Federal Ecole Lausanne (EPFL) Swiss. Kemampuanya menyamai belalang gurun yang dapat melompat hingga satu meter meskipun panjang tubuhnya hanya tiga centimeter.

Untuk menghasilkan lompatan yang hebat, Kovac dan timnya memang meniru desain sistem biomekanika belalang gurun. Mereka memanfaatkan teknik menyimpan energi yang dilakukan kutu, belalang, maupun katak.

Energi disimpan menggunakan baterai berukuran mini dan saat terkumpul sampai ke puncaknya akan menggerakkan motor dan melepaskan dua buah pegas sehingga menghasilkan daya dorong sangat kuat. Hanya dalam tiga menit pengisian energi, robot dapat melompat sebanyak 320 kali.

“Lompatan biomimetik semacam ini sangat unik karena dapat dipakai robot berukuran kecil untuk bergerak ke berbagai jenis permukaan yang tidak dapat dijelajahi robot berkaki maupun robot beroda,” ujar peneliti lainnya Dario Floreano. Ia mengatakan pada pengembangan selanjutnya, robot tersebut mungkin akan dilengkapi sel surya sehingga proses pengisian energi dapat terus berkesinambungan.

Hasil penelitian ini dipresentasikan dalam Konferensi Internasional IEEE (International of Electrical dan Electronics Engineers) di pasadena, California, AS, Rabu (21/5). Robot semacam ini menarik perhatian para peneliti robot di seleuruh dunia karena berpotensi mengeksplorasi daerah-daerah yang sulit dijangkau baik di Bumi maupun di planet-planet lainnya.

Robot dengan panjang 3 centimeter dan berat 7 gram dapat melompat sejauh 1 meter.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: