jump to navigation

Virus June 17, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Virus adalah sebuah dilema tersendiri bagi pengguna komputer. Mendengar namanya saja, tak ada orang yang mau berurusan dengan yang namanya virus. Tentu saja sifat perusak itulah yang telah menjadi image dari sebuah virus membuat setiap orang takut terkena olehnya.

Namun tak selamanya virus menjadi momok untuk sebuah sistem komputer. Barangkali itulah kalimat yang tepat untuk “The virus maker” atau si pembuat virus. Karena disaat orang lain tengah sibuk menghindar dari virus-virus, justeru mereka dengan asyik mengotak-atik dan mempermainkan virus-virus itu. Mungkin karena mereka telah terbiasa dengan kedekatan virus dan mereka juga telah berpikir lebih dari dua kali untuk membuat dan mengoleksi virus-virus tersebut. Selain itu dari sisi hobi juga memungkingkan para pembuat virus betah dan selalu ingin dapat memuaskan hobinya itu. Sebaiknya kita hargai pendapat ini, karena tidak mungkin kita akan dapat menangkap seseorang yang dicurigai sebagai “The virus maker” dan kita berfikir bahwa penyebaran virus akan terhenti sampai disini. Itu cuma cerita yang hanya akan menyenangkan anak kecil ketika ia harus tidur malam ini.

Okelah, itulah sekilas tentang virus. Seperti yang telah menjadi kebiasaan maka setiap aksi menimbulkan reaksi. Begitu juga dalam hal ini aksi-aksi virus yang terjadi dalam dunia komputer sudah seharusnya diimbangi dengan adanya reaksi dari adanya antivirus-antivirus. Namun, pada kenyataannya antivirus-antivirus yang ada tidak menjamin untuk dapat menaklukkan virus-virus yang ada dan telah menyebar saat ini.

Maka pembahasan kali ini hanya sebagai tips-tips untuk menangkal ataupu melakukan pencegahan dari virus-virus tersebut dalam lingkup global dan luas, sebagai dasar dalam upaya pencegahan terinfeksi virus lebih dini, sehingga dengan penjelasan-penjelasan ini diharapkan akan mampu mengembangkan pengetahuan pembaca mengenai apa itu virus komputer dan metode-metode untuk dapat mendeteksi adanya virus dalam tubuh komputer itu sendiri.

  1. Lakukanlah scan secara berkala dengan program antivirus yang Anda miliki. Sebaiknya gunakan antivirus yang benar-benar valid dan bonafide, seperti McAffe, Norton, Norman, Avira Antivir, Avast, AVG dan lain sebagainya dan juga lakukanlah update antivirus-antivirus ini secara berkala, sebagai contoh Avira Antivir yang menyarankan dilakukan update 3 hari sekali.
  2. Lakukanlah scan terhadap “nomad disk” atau disk yang berjalan seperti disket, flash disk, MP 4, dan lainnya yang biasa terhubung dengan PC sehingga berpotensi besar terinfeksi virus.
  3. Biarkan antivirus melakukan aktivitasnya ketika Anda menggunakan komputer, untuk menghindari kelalaian karena anda lupa melakukan scanning terhadap disk.
  4. Virus biasanya memiliki nama-nama file yang “menarik” ataupun gambar-gambar (biasanya vulgar) yang dibuat sedemikian rupa oleh pembuat virus, sehingga membuat tergoda bagi siapa saja yang membaca dan melihatnya. Begitu melihat nama file-nya, langsung saja di klik ataupun ditekan Enter sehingga file yang mengandung virus tersebut segera bekerja dan menginfeksi file-file lain dan akhirnya berhasil sudah virus tersebut meracuni tubuh komputer.
  5. Lihat dengan seksama folder atau file yang terdapat dalam komputer anda. Apakah anda merasa menyimpan folder atau file tersebut atau tidak. Bila anda tidak merasa menyimpan file-file maupun folder-folder tersebut, maka anda pantas curiga dan waspada barangkali file atau folder tersebut adalah virus.
  6. Biasakan untuk mengatur Folder Options yang terdapat pada My Computer pada posisi tidak menyembunyikan extension file aslinya, karena secara default Windows akan menyembunyikan nama extension file-file yang terdapat di dalamnya. Dengan cara Klik My Computer > pilih toolbar Tool > pilih Folder Options… > hilangkan tanda centang yang terdapat pada Hide extensions for known file types > klik Apply kemudian Ok. Karena dengan cara ini maka dimungkinkan Anda dapat mengenali jenis extensi file-file secara lebih dini dan lebih jelas, sehingga Anda akan lebih waspada terhadap file-file yang sekiranya mencurigakan dan akan menjadikan pencegahan pertama terhadap penularan virus bila memang benar-benar ada.
  7. Biasakan untuk mengatur toolbar View yang terdapat dalam Windows pada posisi Details. Karena dari situ kita dapat mengetahui nama software yang dapat digunakan untuk membuka file yang telah anda simpan.

Sebagai contoh ketika anda membuka sebuah partisi dan didalamnya terdapat folder-folder atau file-file yang Anda simpan. Karena anda telah menonaktifkan penyembunyian nama extension file yang terdapat dalam Windows, maka akan terlihat nama extension file-nya. Misalnya pada file dokumen biasanya tertulis .doc dan nama type software-nya adalah Microsoft Office Word. Contohnya adalah file latihan.doc.

Biasanya virus-virus yang dikategorikan cukup ganas memiliki extension file .exe dengan type file-nya adalah Application dan memiliki ikon yang belum jelas. Untuk hal ini berhati-hatilah dan harus teliti dan jeli untuk mengenali setiap file yang masuk ke dalam PC Anda.

Namun, bisa saja virus-virus itu menjelma menjadi nama extension file yang lain. Contohnya adalah virus Screen Saver dengan nama extension file-nya adalah .scr. Tetapi untuk kategori ini, jenis virusnya relatif lebih ringan meskipun tetap menjengkelkan.

Sebaiknya setiap Anda akan melakukan pekerjaan, Anda harus bisa berkonsentrasi dan berhati-hatilah terhadap pekerjaan yang Anda lakukan, termasuk dalam hal ini. Karena bila Anda tidak berhati-hati mungkin akan berakibat fatal.

Selain itu jangan pernah mencoba-coba sesuatu yang tidak bermanfaat apabila itu memang benar-benar tidak bermanfaat sama sekali bagi Anda dan cenderung menyusahkan orang banyak.

Terakhir cobalah untuk selalu belajar dari sebuah kegagalan. Karena dari situlah terdapat hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: