jump to navigation

Astronom Temukan Kumpulan Planet Super-Bumi June 18, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
trackback

Sejumlah peneliti Eropa menyatakan, mereka telah menemukan kumpulan tiga planet “super-Bumi” yang mengorbit sebuah bintang, dan dua sistem tata-surya lain dengan planet-planet kecil.

Menurut para ahli itu, hasil temuan yang dipresentasikan pada sebuah konferensi di Perancis itu menunjukkan bahwa planet-planet seperti Bumi mungkin sangat biasa.

“Apakah setiap bintang tunggal memiliki planet-planet dan, jika ya, berapa banyak?” tanya Michel Mayor dari Observatorium Jenewa Swiss.

“Kita tidak mungkin mengetahui jawaban itu namun kita mencapai kemajuan besar ke arah itu,” kata Mayor dalam sebuah pernyatan.

Ketiga planet itu mengorbit sebuah bintang yang massanya sedikit lebih kecil daripada matahari kita, sekitar 42 tahun cahaya ke arah konstelasi selatan Doradus dan Pictor. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun pada kecepatan 300.000 kilometer per detik, atau sekitar 9,5 trilyun kilometer.

Ketiga planet yang ditemukan itu berukuran lebih besar daripada Bumi — 4,2 kali, 6,7 kali dan 9,4 kali massa Bumi.

Planet-planet itu mengorbit bintang mereka pada kecepatan sangat tinggi — empat hari, 10 hari dan 20 hari (bandingkan dengan Bumi yang mengitari matahari dalam waktu 365 hari).

Mayor dan rekan-rekannya menggunakan teleskop “High Accuracy Radial velocity Planet Searcher” atau HARPS, sebuah teleskop di observatorium La Silla di Chile, untuk menemukan planet-planet itu.

Lebih dari 270 planet ditemukan, sebagian besar memiliki ukuran besar seperti Yupiter dan Saturnus. Planet-planet lebih kecil yang ukurannya seperti Bumi lebih sulit untuk ditemukan.

Tidak ada planet yang bisa digambarkan secara langsung pada jarak seperti itu, namun bisa ditemukan lokasinya secara tidak langsung dengan menggunakan gelombang radio atau, dalam kasus HARPS, pengukuran spektrografis. Ketika sebuah planet mengorbit bintangya, maka akan terjadi getaran sangat kecil pada bintang itu dan getaran tersebut bisa diukur.

Tim astronom itu juga menyatakan telah menemukan sebuah planet yang berukuran 7,5 kali massa Bumi yang mengorbit bintang HD 181433 dalam waktu 9,5 hari. Bintang ini juga memiliki sebuah planet seperti Yupiter yang mengorbit setiap tiga tahun.

Sebuah sistem tata surya lain yang ditemukan memiliki sebuah planet yang berukuran 22 kali massa Bumi, yang mengorbit setiap empat hari, dan sebuah planet seperti Saturnus dengan periode orbit tiga tahun, demikian Reuters.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: