jump to navigation

Hai, Namaku Olimpiade… June 18, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Seorang bocah China menghiasi wajahnya dengan peta China dalam sebuah acara menyambut Olimpiade Beijing pada 16 Mei lalu.

Selama 15 tahun terakhir lebih dari 4.000 anak yang lahir di China diberi nama Aoyun atau Olimpiade.

Meningkatnya popularitas nama itu menandakan tingginya dukungan warga China terhadap Olimpiade Beijing yang digelar Agustus mendatang. Pejabat  catatan sipil mengatakan, lebih dari 92 persen dari 4.104 anak yang bernama Aoyuns adalah laki-laki.

Adalah lumrah bagi orangtua China memberi nama anaknya sesuai peristiwa atau slogan besar seperti Pertahankan China, Bangun Bangsa dan Perjalanan Angkasa Luar. Menurut catatan, ada 290.798 orang yang tercatat menggunakan nama Peradaban.

Nama Aoyuns muncul pertama kali pada 1992, ketika China mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2000. Saat itu sudah ada 680 nama Aoyuns. Pada 2002 jumlah itu bertambah dengan 553 nama Aoyuns baru, setelah China terpilih menjadi tuan rumah untuk Olimpiade 2008.

BBC Biro China mencatat, dalam beberapa pekan terakhir muncul juga nama yang berarti Harapan bagi Sichuan, provinsi di China yang mengalami gempa bumi besar. Nama itu dipilih untuk menunjukkan solidaritas bagi korban.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: