jump to navigation

Sony Kembangkan Sensor CMOS Terbalik June 19, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Kita semua tahu, bahwa sensor pada kamera digital pastinya mendapat cahaya dari bagian depan sensor tersebut. Lalu bagaimana jika ternyata arah masuk cahaya tersebut dibalik? Sony telah melakukannya.

Jika kita melihat diagram sebuah sensor digital, khususnya sensor CMOS, maka dapat kita simpulkan bahwa sensor CMOS adalah jenis sensor yang memiliki fleksibilitas arsitektur elektronik dan komputasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CCD.

Dengan tujuan untuk mengatasi problem semakin padatnya kerapatan pixel yang berimbas pada semakin tingginya tingkat cacat sinyal pada hasil foto atau video, maka Sony mengembangkan jenis sensor CMOS terbaru yang “diberi cahaya dari belakang”.

Keunggulannya, selain meminimalisir cacat warna dan problem pantulan cahaya di dalam sirkuit sensor, cara baru ini pun terbukti dapat meningkatkan kepekaan dan akurasi microlenses yang ada di sensor tersebut. Hasilnya, pencahayaan yang merata di seluruh bidang gambar.

Namun akibatnya, cacat sinyal meningkat. Inilah yang kemudian diatasi dengan teknologi EXMOR dari Sony, plus kekuatan prosesor di kamera. Kita tunggu penerapan teknologi ini di kamera SLR, kamera saku maupun perekam video dari Sony.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: