jump to navigation

Airbag untuk Lansia, Begitu Jatuh Mengembang September 29, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Makin banyaknya populasi lansia di Jepang membuat sebuah perusahaan di sana mengembangkan alat pengaman yang sesuai. Inovasi yang teranyar adalah airbag (kantung udara) yang langsung mengembang begitu pemakainya terjatuh.

Beratnya hanya 1,1 kilogram dan dapat dipakai semudah tas pinggang. Kantung udara didesain untuk langsung mengembang dan melindungi bagian yang rapuh seperti tulang punggung dan tulang ekor.

Sensor yang ditanamkan di dalamnya langsung memompa udara dalam waktu sepersepuluh detik begitu mendeteksi benturan yang cukup keras. Alat buatan Prop, perusahaan yang berbasis di Tokyo, itu dijual dengan harga 148.000 yen atau sekitar Rp14 juta.

Jepang merupakan negara dengan jumlah populasi lansia yang cukup tinggi sehingga kebutuhan terhadap alat pengamanan tersebtu relevan. Saat ini, penduduk Jepang yang berusia di atas 65 tahun mencapai 21,5 persen dari total populasi 127 juta.

Bahkan lebih dari 36.000 orang berusia di atas 100 tahun. Jepang dikenal sebagai kawasan dengan harapan hidup paling tinggi yang ditengarai karena budaya masakan lokal yang banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Namun, karena hal itulah, populasi lansia semakain tinggi karena generasi mudanya semakain membatasi jumlah anak.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: