jump to navigation

Bongkah Intan 478 Karat Ditemukan di Lesotho September 29, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Seorang model menunjukkan bongkah intan seberat 478 karat yang ditemukan di Lesotho.

Para penambang di Lesotho menemukan bongkah intan raksasa seberat 478 karat atau sekitar lebih dari 95 gram. Bongkah intan yang belum mendapatkan sebutan nama tersebut memiliki potensi dibentuk menjadi intan siap pakai hingga 150 karat. Nilai jualnya bisa menembus jutaan dollar AS.

Intan tersebut ditemukan para pekerja Gem Diamonds, perusahaan intan Lesotho di lokasi pertambangan Letseng. Gem Diamonds mencatatnya sebagai bongkah intan terbesar ke-20 di dunia. Meski bukan bongkah terbesar yang pernah ditemukan, batu tersebut mungkin intan murni terbesar di dunia.

“Pemeriksaan awal terhadap batu intan yang sangat berharga ini menunjukkan bahwa ia akan memecahkan rekor sebagai intan terbesar dari sisi warna dan kemurnian,” ujar Clifford Elphick, chief executive Gem Diamonds. Ukurannya akan menyaingi intan bulat Koh-i-Noor yang digunakan dalam mahkota kerajaan Inggris.

Meski demikian, dari segi ukuran intan tersebut masih jauh lebih kecil daripada intan Cullinan yang ditemukan tahun 1905. Intan yang dikenal dengan nama Bintang Terbesar dari Afrika itu berasal dari bongkah 3.106 karat dan digosok menjadi bentuk tetesan air seberat 530 karat.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: