jump to navigation

Perhiasan Kuno Ditemukan di Makam Yunani September 29, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Tim arkeolog yang menggali kuburan kuno di Yunani utara menemukan perhiasan-perhiasan emas, senjata-senjata perunggu dan besi, serta bejana-bejana dan barang-barang tembikar.

Para arkeolog itu menggali kuburan besar di dekat Pella, ibu kota Macedonia kuno. Mereka mendapati 43 makam yang berasal dari tahun 650-279 sebelum Masehi, ujar Menteri Kebudayaan Yunani, Rabu (10/9).

Mereka yang dikuburkan di makam itu antara lain 20 pejuang yang meninggal pada periode Archaic tahun 580-480 sebelum Masehi. Para pejuang tersebut dimakamkan bersama helm perunggu, pedang-pedang, belati, dan ujung tombak dari besi. Ornamen-ornamen dari kepingan emas yang dibuat khusus untuk pemakaman diletakkan di mulut, mata, dan dada mereka.

Seluruhnya ada 915 kuburan yang dibongkar sejak delapan tahun terakhir di situs Arhontiko itu. Namun, menurut para arkeolog, ini baru lima persen dari luas keseluruhan makam.

“Diduga, penduduk pada waktu itu hidup makmur, terutama sepanjang periode Archaic,” kata menteri. “Penggunaan emas dan benda-benda pemakaman lain merupakan petunjuk bahwa masyarakat itu memercayai kehidupan setelah kematian,” katanya.

Pada penggalian sebelumnya, para peneliti mendapatkan topeng, mahkota, dan barang lain dari emas. Selain itu juga berbagai macam wadah dari tanah liat. Arhontiko sendiri adalah daerah yang pertama kali dihuni pada tahun 6.000 sebelum Masehi dan ditinggalkan pada abad ke-14.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: