jump to navigation

Sisa Tembok Berlin Dilelang September 29, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Dinding Berlin dihancurkan setelah perang dingin berakhir

Sebuah rumah lelang di Berlin, Jerman, berhasil menjual salah satu dari beberapa bagian Tembok Berlin yang tersisa. Bagian tembok yang bersejarah itu dijual dengan harga sekitar  6.000 poundsterling atau sekitar Rp 90 juta.

Grafiti memenuhi bagian tembok tersebut, yang memisahkan Jerman Barat, yang beraliran kapitalis, dan negara komunis Jerman Timur. Rencananya pembeli bagian dinding itu akan memajangnya di dalam sebuah kantor. Sebelumnya banyak terjadi penjualan bagian Tembok Berlin palsu, namun rumah lelang Berlin memastikan yang mereka lelang adalah dinding asli yang bersejarah.

Tembok Berlin dihancurkan tahun 1989 setelah ambruknya negara Jerman Timur menyusul berakhirnya perang dingin antara Barat dan Timur. Selama hampir 30 tahun dinding itu memisahkan Berlin Timur dan Berlin Barat. Banyak korban jiwa yang disaksikan oleh dinding ini karena sejumlah warga Berlin Timur berupaya melarikan diri ke Barat untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Diperkirakan, sekitar 1.065 orang tewas dalam upaya menyeberang ke Berlin Barat karena pengawalan yang ketat di kedua sisi. Sebagian besar dari reruntuhan Tembok Berlin digunakan untuk pembangunan jalan dan sebagian lain dipertahankan sebagai koleksi sejarah. Beberapa bagian dinding asli diberikan kepada museum di beberapa kota dunia, seperti di Imperial War Museum di London.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: