jump to navigation

Putin Jengah Menjadi Nama Jalan October 10, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Vladimir Putin

Tidak semua orang suka namanya diabadikan sebagai nama jalan raya. Salah satunya Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin. Mantan presiden Rusia itu menunjukkan ketidaksenangannya setelah sebuah jalan di ibukota Chechnya, Grozny, dinamai Jl Putin Boulevard. Meskipun penamaan itu dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, Selasa (7/10) mengatakan bosnya tidak akan menekan pejabat untuk menghentikan penamaan jalan itu. Tetapi, Putin lebih suka jika itu tidak dilakukan.

Pernyataan Putin itu sebagai upaya menghentikan kritik bahwa Putin berusaha mengkultuskan namanya. Putin memang sosok populer di Rusia. Ia menjadi presiden dua periode sebelum beralih menjadi perdana menteri.

Pemimpin Chechnya pro-Moskow, Ramzan Kadyrov mengumumkan, Minggu (5/10), jalan utama di Grozny dinamai Putin Boulevard. Putin melancarkan serangan militer besar-besaran di Chechnya pada 1999 untuk menumpas pemberontak. Puluhan ribu orang tewas dalam konflik tersebut dan menghancurkan Kota Grozny.

Kadyrov menggambarkan Putin sebagai penyelamat rakyat Chechnya. “Dia menyelematkan kami dari pembantaian massal. Saya 99 persen yakin, rakyat Chechnya mendukung saya dalam hal ini karena itu dia pantas menjadi nama jalan,” katanya. Di kota itu juga dibangun sejumlah patung Putin.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: