jump to navigation

Ponsel buat Boarding Pass Pesawat November 15, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback

Enak sekali calon penumpang pesawat yang berangkat dari bandara udara O’Hare di Chicago. Mereka tidak perlu lagi membawa-bawa secarik kertas sebagai tanda boarding pass. Tinggal tunjukkan layar ponselnya yang memuat bar code ke petugas, dan ia boleh naik ke pesawat.

Di bandara kedua tersibuk di dunia itu, layanan ponsel sebagai bukti boarding pass akan diterapkan mulai 17 November mendatang. Namun belum berlaku untuk semua maskapai penerbangan. Sementara ini yang sudah memberlakukannya adalah maskapai Delta dan Continental. Akan tetapi itu pun terbatas untuk mereka yang berangkat dari bandara Los Angeles International dan John Wayne Orange County.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, calon penumpang harus memiliki alamat e-mail yang aktif, dan juga ponsel atau perangkat berfitur Internet. Sebab ke perangkat itulah boarding pass dan bar code 2D akan dikirimkan.

Prosesnya sederhana: ketika calon penumpang melapor (check in) melalui situs maskapai AA.com, ia akan diberi pilihan untuk menerima boarding pass di ponsel dan Blackberry. Jika memilih opsi mobile boarding, ia akan mendapatkan e-mail dengan link Internet ke boarding pass-nya. Dengan mengaktifkan link tersebut, calon penumpang dapat mengunduh boarding pass mobile-nya, yang menyertakan sebuah bar code yang bisa di-scan di titik-titik pemeriksaan dan ketika mereka menaiki pesawat.

Sayangnya sistem bebas kertas ini sementara hanya berlaku untuk satu penumpang per pemesanan tiket. Artinya, jika Anda berpergian dalam kelompok, misalnya sekeluarga, layanan mobile boarding pass ini tidak bisa dipakai.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: