jump to navigation

Estonia Pelopori Pemilu Lewat Ponsel December 17, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Ilustrasi: Seorang gadis memegang ponsel.

Kalau Indonesia masih bersikukuh pemilu dengan cara manual, Estonia jauh lebih maju. Negara di kawasan balti, Eropa itu akan menjadi negara pertama di dunia yang mengesahkan pemungutan suara melalui ponsel.

Parlemen Estonia sudah menetapkan undang-undang sebagai dasar hukum yang membolehkan penduduk memberikan suaranya melalui ponsel. Sistem yang diyakini akan snagat efektif itu akan dimulai pada Pemilu berikutnya tahun 2011.

Bukan kali ini saja pemerintah Estonia melakukan terobosan menggunakan teknologi. Tahun lalu, rakyat Estonia juga sudah dapat menggunakan Internet untuk melakukan pemungutan suara pemilihan anggota parlemen.

Tidak semua ponsel bisa dipakai untuk melakukan pemungutan suara. Pemilih harus menambahkan chip khusus yang telah diprogram dan disahkan untuk mengakses sistem pemungutan suara secara mobile ini.

Chip yang dapat diperoleh secara cuma-cuma disediakan SK Certification Center, lembaga yang juga mengeluarkan chip kartu tanda penduduk Estonia. Chip tersebut yang akan memproses suara yang dikirim lewat pesan SMS sehingga aman.

“Sistem dan software yang digunakan telah terbukti efektif, berjalan dengan baik, dan aman sesuai hasil audit independen,” ujar Raul Kaidro, jurubicara SK Certification Center. Ia mengklaim sistem tersebut aman dari penyusupan dan kecurangan karena telah dilengkapi sistem tanda tangan digital.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: