jump to navigation

Malas Cuci Piring? Biarkan Robot Mengerjakannya December 21, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
trackback
Robot pencuci piring ini dikembangkan oleh Panasonic dan Tokyo University

Tentu perasaan malas menghinggapi diri kita apabila memandang tumpukan piring kotor. Bagi mereka yang tak ingin mengotori tangannya, beban ini dialihkan ke mesin pencuci piring atau dish washer.

Namun, sebuah robot baru telah dikembangkan di Jepang sehingga Anda sama sekali  tak harus direpotkan dengan masalah tersebut. Robot yang dikembangkan oleh Panasonic dan Universitas Tokyo ini dirancang untuk membersihkan piring sekaligus meletakkannya ke rak pengering.

Untuk memegang barang pecah belah yang rapuh, kitchen assistant robot (KAR) menggunakan data dari 18 sensor yang dipasang pada telapak tangan dan gambar dari sebuah kamera built-in untuk membedakan benda yang satu dengan lainnya. Robot ini mempunyai lengan dilengkapi dengan 3 sendi yang memungkinkannya memegang piring serta perkakas lainnya dari tempat dan posisi apa pun di dalam bak cuci piring.

Para teknisi sedang mencoba menciptakan robot yang kecil dan ringan yang dapat bergerak dengan cepat untuk membersihkan perkakas yang kotor dalam waktu 5 menit setelah satu keluarga terdiri dari 4 orang selesai menyantap makan malam. Para teknisi yang juga sedang mengembangkan robot pencuci pakaian menjelaskan produk mereka ini akan beredar di pasar dalam 5 tahun mendatang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: