jump to navigation

Mengantuk saat Rapat, 6 Pejabat China Dipecat December 28, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
trackback
Ilustrasi

Pemerintah kota Hengyang, provinsi Hunan, China selatan memecat enam pejabatnya yang tertangkap kamera mengantuk dalam sebuah rapat. Menurut laporan Beijing News, Jumat (26/12), foto para pejabat mengantuk itu tersebar di internet.

Keenam pejabat itu terdiri dari sejumlah manajer perusahaan dan pimpinan Partai Komunis dari berbagai cabang pemerintahan. Mereka menghadiri sebuah rapat untuk memperingati 30 tahun pembaharuan ekonomi.

“Pemecatan itu dimaksudkan untuk memperkuat disiplin dan membersihkan dampak buruk yang diakibatkan oleh hal itu dalam pemerintahan kota,” tulis Beijing News mengutip pernyataan pejabat pemerintah kota Hengyang.

Laporan itu tidak menyebutkan siapa yang mengambil foto-foto tersebut dan menayangkannya di internet. Insiden itu telah memicu perdebatan panas di dunia maya. Sejumlah orang menyebut pemecatan itu sebagai tidak adil karena itu bukan kesalahan para pejabat melainkan karena pertemuan tersebut sangat membosankan.

“Dalam 99 persen pertemuan semacam itu, kata-kata (yang digunakan) tidak berisi dan stereotipikal,” kata seseorang di dunia maya yang menggunakan nama Damocangying 2007 di portal populer Tianya.cn. “Jika para peserta tertidur ketika kau melakukan pidato maka pidatomu lah yang salah,” kata seseorang lagi yang menyebut dirinya Cmbbs.

Pertemuan pemerintah di China biasanya sangat lama dan penuh dengan pidato-pidato panjang, sekalipun para pejabat senior telah berusaha untuk mempersingkat dan membuatnya lebih efisien.

Keenam orang itu bukanlah yang pertama kali tertangkap dan disingkirkan setelah terbukti melakukan perbuatan tidak pantas. Seorang pejabat di kota bagian selatan, Shenzhen, dipecat bulan lalu, setelah foto dan video klipnya saat mabuk tersebar di dunia maya.

Comments»

1. Care and Healed - April 11, 2010

Oh rupanya ga cuma di Indonesia aja. Tapi, konsekuensinya ampe dipecat gitu, luar biasa juga. Bisa ga ya diterapkan di Indonesia?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: