jump to navigation

Beban Berat akibat Nama Leluhur Tercatat di Kuil February 28, 2009

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
trackback
Sekelompok anggota parlemen Jepang mengunjung kuil Yasukuni untuk menghormati pahlawan yang gugur dalam Perang Dunia II Jepang pada 15 Agustus 2008 di Tokyo

Pengadilan Distrik Osaka, Jepang, Kamis (26/2), menampik permohonan sanak keluarga dari nama-nama yang tertera di Kuil Yasukuni agar menghapus nama leluhur mereka itu. Kuil ini memang memuat nama 2,5 juta tentara Jepang, termasuk 14 penjahat perang utama dari Perang Dunia II.

Sanak keluarga dari sembilan tentara yang namanya tertera di sana mengaku, nama leluhur mereka harus dihapus dari kuil karena mereka dipaksa untuk berperang demi kaisar. Akibatnya, demikian sanak keluarga itu, mereka menderita karena nama leluhurnya tertera di sana.

”Saya merasa tidak nyaman dan sedih karena nama saudara saya ditera di sana sebagai martir,” ujar Yoshiko Furukuwa (82), salah satu sanak keluarga yang menggugat. Buntut lainnya, masing-masing keluarga ini menuntut ganti rugi 1 juta yen atau sekitar Rp 125 juta karena nama leluhur mereka tertera di kuil.

Kuil Yasukuni ini memang menjadi persoalan karena merupakan simbol kekejaman perang Jepang. Korea Selatan dan China pasti marah jika ada pejabat Jepang yang berkunjung ke kuil tersebut. Maklum, ke kuil itu berarti juga mendukung kekejaman perang Jepang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: