jump to navigation

Sering Dimarahi Orangtua, Pelajar SMP Bajak Bus Antarkota July 17, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment
Ilustrasi: Polisi sedang berupaya membebaskan sebuah bus yang dibajak.

Seorang pelajar SMP di Jepang nekad membajak sebuah bus antarkota yang berisi 10 penumpang di Provinsi Aichi, Jepang, Rabu (16/7).  Beruntung, tidak ada korban dari peristiwa pembajakan tersebut.

Menurut polisi Jepang, seperti dikutip NHK, peristiwa pembajakan bus antarkota itu terjadi di jalan raya di Okazaki, sekitar 270 kilometer dari Tokyo. Saat itu bus sedang menempuh perjalanan jauhnya dari Nagoya, Provinsi Aichi, menuju Tokyo.

Selama 45 menit pelajar berusia 14 tahun yang membawa pisau itu mengancam supir bus dan menahan para penumpang lainnya di dalam bus. Sekitar pukul 13.00 polisi menerima telepon dari telepon genggam sang pembajak yang menyebutkan dirinya sedang melakukan pembajakan karena sering dimarahi  orangtuanya.

Polisi kemudian memburu bus dan menggiringnya ke areal parkir di pinggir jalan sebelum akhirnya memaksa bus berhenti. Tanpa kesulitan polisi kemudian masuk kedalam bus dan memaksa pembajak menyerah. Ketika diinterogasi petugas, polisi justru mendapatkan jawaban yang mencengangkan dari sang pembajak yang kelas dua SMP itu.

Pelaku mengaku hanya ingin mencari sensasi semata dengan membajak bus karena punya persoalan dengan orangtuanya. Namun karena dianggap tindakannya sudah membahayakan jiwa orang lain, polisi pun tanpa ragu menahan pelajar yang tidak disebutkan namanya itu.

Tekanan mental

Aksi kejahatan dengan menggunakan pisau, belakangan ini menarik perhatian publik Jepang. Kasus yang menggegerkan baru-baru ini adalah kasus pembunuhan di kawasan pusat elektronik terkenal di Tokyo, Akihabara, pada 8 Juni 2008. Saat itu tersangka, Tomihiro Kato (25), karyawan pabrik yang mengalami stress berat menabrakkan truk yang dikendarainya ke tengah kerumunan massa. Kato tiba-tiba meloncat turun dari truknya dan menuju ke tengah keramain dan langsung menusuk membabi buta siapa saja yang berada di dekatnya.

Aksi brutalnya itu mengakibatkan sedikitnya tujuh orang pejalan kaki tewas di tempat dengan bersimbah darah. Sebelum jumlah korban bertambah polisi pun berdatangan untuk meringkus tersangka yang merupakan warga Shizuoka.

Maret lalu, kasus penusukan juga terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di bagian barat Jepang yang menyebabkan satu tewas dan tujuh lainnya mengalami luka-luka berat.

Advertisements

Telepon Hantu pun Menyebar Sampai Sorong July 17, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
1 comment so far

SULIT untuk mengidentifikasi kasus ini. Untuk mempermudah, sebut saja telepon hantu. Sebab suara aneh itu selalu muncul dan muncul. Jika perempuan menelepon laki-laki, maka yang terdengera suara perempuan. Begitu sebaliknya.

Sudah sebulan Etty Hariyani memendam rasa heran, yaitu perasaan gundah dan penuh tanda tanya. Karena Juni 2008 lalu, ketika menghubungi pacarnya yang berada di Sorong, Papua Barat, dua kali pula dia mendapat jawaban suara perempuan.

“Saya penasaran campur mangkel. Saat saya telepon yang muncul kok, suara perempuan. Celakanya, ketika saya tanya siapa ini? Dia menjawab lha Mbak ini siapa, apanya …” kata Etty lalu memutuskan hubungan telepon itu.

Etty pun selanjutnya bisa nyambung telepon ke some one-nya, bernama Irwansyah yang bekerja di Sorong itu, “Matian-matian, dia menjawab nggak pernah menjawab telepon itu. Karena teleponnya saat itu tertinggal. Saya juga nggak bisa memahami jawaban ini. Saya ini baru ngeh, ketika membaca Tribun kemarin. Oo ternyata saya tidak sendirian to!” kata Etty, reporter Radio Smart FM, Balikpapan memberi respon kepada Tribun, Rabu (17/7).

Selama sebulan lebih dia merasa galau, karena tidak ada jawaban yang logis mengenai telepon jawaban ‘misterius’ itu. Dia yakin penerima telepon itu suara perempuan, sementara Irwansyah mengaku tidak pernah menjawab telepon itu karena sedang tidak dibawa.

Bukan sekali, malah sudah berkali-kali kasus itu dialami oleh Yoyok yang tinggal di Yogyakarta. Dia berkali-kali mendapat jawaban ‘suara pria’ saat menghubungi sobatnya seorang wanita, bernama Aya yang tinggal di Balikpapan. Saat itu Yoyok bertelepon menggunakan kartu AS menghubungi Aya yang menggunakan Simpati. Yang muncul adalah jawaban lain, bersuara lelaki. Kejadian itu berlangsung Januari 2008 lalu.

Sebaliknya, saat Aya menghubungi Yoyok yang menggunakan simcard nomor Jakarta, justru mendapat jawaban suara perempuan, “Tapi herannya, nomor yang tercatat di layar HP saya udah bener. Tertera nama temen saya itu,” kata Yoyok. Tak urung kasus itu menyulut pertengkaran.

“Teman saya selalu marah-marah dan nanya terus, kok yang jawab telepon suara perempuan? Itu siapa, kamu dimana? Haduh, repot pokoknya, dicurigai terus,” keluhnya.

“Saya juga ikut-ikut curiga yang jawab suara laki-laki. Saya sampai nuduh dia setiap malam bersama laki-laki lain. Ribut deh jadinya!” katanya.

Untuk membuktikan tuduhan masing-masing, Aya mencoba menghubungi teman lainnya, Totti yang menggunakan simcard Simpati nomor Yogyakarta, “Kalau nggak salah sekitar tanggal 8-11 Januari,” kata Aya.

Ternyata pengalaman yang didapat sama saja, “Dua malam berturut-turut, yang menjawab selalu perempuan. Saya jadi kuatir didamprat, kirain itu pacarnya. Lucunya, orang yang menjawab telepon mengira saya juga selingkuhan cowoknya,” kenang Aya sambil tertawa.

Ketika hal itu diceritakan Aya lewat blog, banyak yang mengomentari bahwa mereka juga mengalami hal serupa. “Katanya Fren juga sering, tapi alasan operatornya lagi perbaikan jaringan. Trus, Telkomsel paling sering. Kalo XL, jarang. Daripada bertengkar terus karena jaringan bocor, kami ganti simcard aja,” tandas Yoyok.

Kasus itu juga menimpa tamu dari Jawa Tengah yang sedang berada di Samarinda untuk urusan PON. Dia adalah Sriyanto Saputro (Pimred Wawasan/Wakil Ketua PWI Jateng/Ketua Panwas Pilgub Jateng) baru tiba di Samarinda jam 16.00 Wita.

“Tadi saya juga nyaris geger dengan istri di Semarang. Ya itu gara-gara muncul suara cewek lain. Sebaliknya di HP saya istri muncul suara pria. Dia mencerita kasus itu setelah membaca koran Tribun di hotel kala ada telepon aneh.

Perempuan yang satu ini menolak namanya disebutkan menggunakan telepon CDMA 054256645XX. “Saya biasa kerja di sebuah hotel di Balikpapan. Biasanya pihak hotel telepon saya kalau ada kerjaan. Kebetulan sebulan lalu saya beberapa hari di Samarinda. Begitu balik ke Balikpapan, saya ke hotel nanyain kok sudah lama tidak ada telepon order untuk saya.

Pihak hotel justru balik tanya saya, apakah nomornya ganti? Karena setiap ditelepon yang menerima suara laki-laki, jadi para takut dikirain suami saya. Heran, saya tidak pernah ganti nomor…” kata wanita itu kebingungan. Karena sering muncul jawaban telepon suara pria, sedangkan ‘bisnisnya’ di hotel hampir sebulan penuh perempuan itu tidak pernah mendapat orderan kerja.

90 Tahun Pencarian Putra Tsar July 17, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment
Tsar Rusia Nicholas II dan beberapa anggota keluarganya saat ditahan di Tobolsk dari September 1917 hingga April 1918.

Waktu 90 tahun tidak membuat Rusia putus asa mencari kepastian nasib keluarga Tsar Nicholas II, tsar terakhir Rusia. Dan, hari Rabu (16/7) kejaksaan Rusia memastikan bahwa sisa jenazah yang ditemukan tahun lalu adalah jenazah Pangeran Alexei (13), satu-satunya putra Tsar Nicholas II. Juga dipastikan jenazah Putri Maria, satu dari empat anak perempuan Tsar.

Analisis menggunakan contoh DNA yang diperoleh dari bagian gigi mengungkapkan semuanya. Sisa jenazah putra-putri Tsar itu ditemukan dekat Yekaterinburg di kaki Pegunungan Ural. Dengan demikian, tepat pada ulang tahun ke-90 tewasnya keluarga tsar terakhir Rusia oleh tentara Bolshevik, misteri putra Tsar Nicholas II pun berakhir.
Sejak pecahnya Uni Soviet pada 1991, warga Rusia secara bertahap tetapi pasti mulai mengembalikan kebesaran nama Nicholas II. Gereja Ortodoks Rusia menganggap raja terakhir Rusia itu sebagai martir dan memberikan pemakaman kenegaraan pada 1998 di Katedral St Petersburg. Akan tetapi, ketika itu keberadaan Pangeran Alexei dan Putri Maria masih misteri.

”Dia adalah pemimpin kekaisaran Rusia. Bagaimana bisa pemimpin kekaisaran Rusia tidak dianggap hebat?” ungkap Roman Novochenko, ahli teknik berusia 24 tahun, yang ikut memperingati 90 tahun tewasnya Tsar Nicholas II di depan gereja di Yekaterinburg.

Perang sipil

Keluarga Romanov memerintah Rusia melalui hak turun- temurun selama tiga abad sebelum pecah Perang Dunia I, yang menghancurkan ekonomi dan keguncangan sosial. Dua revolusi pun pecah pada 1917, yang memaksa Nicholas II turun takhta.

Tsar Nicholas II adalah putra tertua Alexander III, lahir pada 6 Mei 1868, dan naik takhta setelah kematian ayahnya pada 20 Oktober 1894. Dia resmi diangkat sebagai tsar pada 14 Mei 1896. Hanya saja, peristiwa penobatan ini diwarnai peristiwa memilukan, yaitu tewasnya sekitar 1.500 warga saat berdesak- desakan berebut hadiah.

Para prajurit komunis Bolshevik yang menangkap mereka memindahkan keluarga Tsar ke Czarskoe Selo kemudian ke Siberia. Keluarga Tsar kemudian dipindahkan ke Yekaterinburg di kaki Pegunungan Ural. Pada 17 Juli 1918, para pengikut setia Tsar berhasil mendekati posisi Yekaterinburg, membuat tentara Bolshevik menembak mereka di lantai bawah tanah yang kotor. Jenazah keluarga Tsar kemudian dikuburkan untuk menghilangkan jejak.

Kini, 90 tahun sudah berlalu. Gereja di Yekaterinburg, yang dibangun di tempat tentara Bolshevik menembak keluarga Kaisar, selalu penuh didatangi pengikut Ortodoks Rusia. Mereka berdoa dan mencium patung tsar terakhir Rusia itu, bersama istri, seorang anak lelaki, dan empat anak perempuannya.

Meski tidak sempat mengenal mereka, kenangan atas keluarga tsar terakhir itu nyata masih hidup di sebagian rakyat Rusia. Beberapa dari mereka bahkan menganggap tsar terakhir Rusia itu seperti tuhan. Namun, warga Rusia pun tidak kalah kreatifnya untuk menentukan siapa sebenarnya yang lebih populer. Stasiun televisi Pemerintah Rusia kemudian menyelenggarakan pengumpulan pilihan publik mengenai siapa tokoh Rusia yang paling mereka banggakan.

Dari hasil sementara hingga Senin (14/7), diktator Soviet Josef Stalin dan Tsar Nicholas II bertarung ketat menjadi yang paling dipilih oleh rakyat Rusia. Lebih dari 2,3 juta pemilih, seperti dilaporkan The Moscow Times, menyampaikan suaranya melalui internet. Stalin memimpin dengan 252.360 pemilih, sedikit lebih unggul atas Nicholas II, dengan 252.262 pemilih.

Posisi kedua tokoh itu dibuntuti pemimpin Soviet Vladimir Lenin (171.224), penyanyi rakyat Vladimir Vysotsky (150.405), dan Peter Agung (115.115 suara). ”Saya menghimpun massa untuk Nicholas II di Odnoklassnikiru,” kata Alexander Lyubimov, pembaca berita televisi sekaligus pengagum Tsar.

Penggal Kepala Sendiri dengan Gergaji Mesin July 16, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment
Ilustrasi: Penggal kepala pakai gergaji mesin.

Seorang pria Inggris bermental labil memenggal kepalanya sendiri menggunakan gergaji mesin. Tindakan itu dilakukan karena pria itu tertekan setelah diusir dari flatnya.

Kepala David Phyall (58) ditemukan di samping kolam renang di dalam flatnya, Selasa (15/7). Ia diduga bunuh diri beberapa saat setelah ia diberi tahu harus segera meninggalkan flat itu.

Polisi saat ini sedang menyelidiki kemungkinan mengapa Phyall memilih bunuh diri ketimbang harus pergi meninggalkan rumah yang telah dihuninya selama delapan tahun. Pria ini merupakan orang terakhir yang tinggal di kompleks flat yang hendak dihancurkan itu. Sebanyak 71 flat lain di sekitarnya kosong.

Polisi dan paramedis tiba di tempat itu dan melihat pemandangan yang mengerikan itu setelah mendapat panggilan darurat 999. Mereka sekarang menyelidiki penyebab kematian dan apa yang sebenarnya terjadi pada pria yang digambarkan pria bermental labil itu. Itu sebabnya polisi tidak menganggap kematian Phyall mencurigakan.

“Kami mendapat panggilan ke sebuah alamat di Bishopstoke terkait kekhawatiran soal kesejahteraan,” kata seorang juru bicara kantor pelayanan ambulans. “Sebuah kendaraan reaksi cepat tiba di tempat dan menemukan seorang pasien dengan luka yang begitu berat,” katanya.

Phyall diketahui tinggal di flatnya di kawasan Bishopstoke di Eastleigh, Eastley, sejak tahun 2000. Ia ngotot tidak mau meninggalkan rumah itu meski sudah ada rencana bangunan itu akan dibuldoser dan dibangun kembali. Phyall menyewa rumah itu dari perusahaan properti Atlantic Housing Ltd, dan mulai tampak tidak suka sejak muncul rencana pembongkaran flat itu untuk dibangun kembali pada 2006.

Polisi pun membentuk tim penyelidik yang dipimpin deputi koroner Hampshire, Simon Burge. Tim ini mencatat penyebab kematian yang paling mungkin adalah “transaksi lengkap di leher”, dan gergaji mesinlah penyebab luka di leher itu.

Ron Turtle, ketua Perkumpulan Warga Stoke, mengatakan bahwa ada seorang penyewa yang diyakininya sebagai pria cacat dan tinggal di lantai bawah tanah di flat itu. “Mereka sudah menawarkan tempat baru yang kurang lebih sama, tetapi ia tetap tidak mau pindah. Akhirnya mereka minta bantuan pengadilan,” kata Turtle.

Ketua dewan warga, Anne Winstanley, mengatakan, “Terakhir kali saya melihat mereka bernegosiasi dengannya untuk menyediakan apa yang dia butuhkan sebagai alternatif. Sangat tragis, apa pun alasannya menemui ajal.”

Flat itu selama ini ternyata menjadi korban vandalisme, dan Atlantic Housing tahu bahwa merobohkan lalu membangun kembali flat yang dibangun pada 1960-an itu akan lebih murah ketimbang berkali-kali memperbaikinya.

Telantarkan 11 Anak, Keruk 1,6 Juta Dollar July 16, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment
Ilustrasi: Penyiksaan anak.

Seorang perempuan asal Trinidad mengaku mengadopsi 11 bocah. Padahal, itu hanya kedok untuk mendapatkan uang subsidi kesejahteraan lebih dari 1 juta dollar. Pengadilan pun menjatuhkan hukuman hampir 11 tahun penjara, Selasa (15/7).

Jaksa distrik, Richard M Berman, mengatakan, Judith Leekin terlibat dalam ‘penarikan uang dengan cara jahat, berbahaya, dan tidak punya hati’ ketika ia menggunakan sejumlah nama palsu dan kebohongan untuk menarik dana dari badan sosial New York City dan negara bagian New York.

Leekin (63) dituduh memperlakukan anak-anak itu seperti tahanan, menjadikan mereka sasaran pukulan, dan memborgol mereka saat terkunci dalam sebuah ruang tanpa makanan. Anak-anak itu juga tidak pernah dibawa ke dokter meski sekadar memeriksakan gigi dan tidak disekolahkan. Menurut aparat, anak-anak itu telah dihancurkan secara fisik dan mental sehingga tidak mungkin pulih.

Di ruang sidang, Leekin terus menunduk dan menyeka mata dan hidungnya menggunakan tisu ketika Berman memerintahkanya mendekam di penjara selama 10 tahun 10 bulan. Hukuman itu tiga tahun lebih lama dari maksimal yang ia sepakati dengan jaksa penuntut sebagai ganti pengakuan bersalahnya.

Berman juga memerintahkan Leekin mengembalikan uang 1,68 juta dollar untuk kepentingan anak-anak itu. “Ini mengubah filosofi adopsi dan perlunya menyediakan pemeliharaan jangka panjang untuk anak-anak. Ini penting bagi sistem pelayanan sosial kita,” katanya.

Sebelum divonis, Leekin terisak dan minta maaf atas segala kejahatannya. Ia juga berjanji akan menyerahkan seluruh harganya. Ia mengaku bersalah bulan Mei lalu. “Saya cinta anak-anak saya, saya kangen mereka,” katanya.

Anak-anak itu saat ini berusia 16 sampai 28 tahun. Mereka menderita berbagai macam gangguan, mulai dari autisme hingga down syndrome. Leekin mulai mengadopsi mereka pada 1988 ketika ia tinggal di New York City. Sekitar 10 tahun kemudian, ia pindah ke Port St Lucie, Florida.

Aparat Florida mendakwa Leekin menyiksa anak dan orang dewasa cacat sedemikian buruk sehingga ia terancam hukuman 120 tahun penjara jika terbukti bersalah atas dakwaan itu. Jaksa penuntut mengatakan, jebolan SMA di Trinidad itu hidup bermewah-mewah, sedangkan anak-anak itu sangat menderita. Anak-anak itu dipaksa tidur di lantai sebuah gudang dekat garasi. Mereka dilarang masuk rumah kecuali untuk ke kamar mandi dan dapur.

Berman juga mengatakan, Leekin mengalami penyiksaan semasa kecil. “Penelantaran akan mengakibatkan penelantaran juga. Adopsi bukan hak, tetapi hak istimewa,” kata Berman.

Howard M Talenfeld, pengacara yang mewakili 10 anak itu, mengatakan kepada hakim bahwa tak satu pun dari anak-anak itu yang bisa bersaksi karena terlalu “rusak” akibat penyiksaan itu. Sembilan di antara mereka sekarang tinggal di rumah penampungan. Satu anak tinggal di rumahnya sendiri di Florida, dan satu anak lagi dinyatakan hilang dan diduga telah meninggal.

Talenfeld mengatakan, seorang anak takut bertemu Leekin lagi, sementara lima anak lain yang bisa berbicara tidak boleh dibawa ke pengadilan karena dikhawatirkan emosi dan psikologi mereka semakin rusak.

Talenfeld mengaku sangat terpukul atas hilangnya seorang korban yang menderita down syndrome, autisme, dan anemia sekaligus pada tahun 2000. Ia mengatakan, saudara anak itu menyatakan dia telah dibawa ke sebuah rumah sakit, sementara yang lain mengatakan dia dikubur di halaman belakang. Seharusnya, Selasa kemarin, remaja pria itu tepat berusia 19 tahun.

Pengacara Leekin, Diamond R Litty, mengatakan, kliennya mau bekerja sama dan menyerahkan seluruh asetnya. Menurutnya, banyak tuduhan yang tidak berdasar dan sedikitnya enam anak masih mencintai dan merindukan ibunya.

Lebih 33.000 Orang Bunuh Diri di Jepang June 22, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
1 comment so far
Seorang pria bersenjata mencoba bunuh diri di dalam kendaraannya di kota Kawagoe, perfektur Saitama, 3 Juni 2008. Polisi Jepang berhasil meringkus dan menggagalkan upaya bunuh diri dari pria yang sempat melakukan aksi perampokan bersenjata itu.

Lebih dari 33.000 orang melakukan aksi bunuh diri di Jepang tahun lalu. Angka bunuh diri  melampaui 30.000 jiwa dalam sepuluh tahun berturut-turut meskipun pemerintah Jepang melakukan kampanye untuk mengurangi salah satu kasus bunuh diri tertinggi di dunia itu.

Laporan yang dikeluarkan Badan Kepolisian Nasional Jepang Kamis (19/6) menunjukkan 33.093 mengakhiri hidup mereka sendiri pada tahun 2007. Angka tersebut merupakan terbesar kedua dari rekor bunuh diri yang mencapai sebesar 34.427 jiwa pada tahun 2003.

Sebagian besar alasan dari kasus  bunuh diri adalah terlilit hutang, masalah keluarga, depresi serta masalah kesehatan lainnya. Terdapat lonjakan juga jumlah kasus bunuh diri yang menggunakan pemakaian gas sulfida hidrogen toksik yang dibuat dari deterjen.

Metode bunuh diri dengan deterjen atau memproduksi racun dengan perlengkapan rumah tangga ini ternyata telah menyebar melalui pesan di Internet. Polisi telah mendesak provider pelayanan internet agar menghapus instruksi untuk memproduksi gas beracun tersebut dari sejumlah situs.

Jumlah kasus bunuh diri melonjak tajam di Jepang setelah gejolak ekonomi tahun 1980an yang mengakibatkan sebagian besar warga Jepang kehilangan pekerjaan dan terlilit utang. Angka bunuh diri di kalangan mereka yang berusia 60 tahun atau lebih meningkat 9 persen menjadi sekitar 12.100 kasus tahun lalu. Sementara kasus bunuh diri pada kalangan remaja sedikit mengalami penurunan.

Mulai Januari hingga Mei 2008, hampir 520 orang melakukan aksi bunuh diri dengan menggunakan gas sulfida hidrogen. Hanya terdapat 30 kasus yang mencakup penggunaan gas tersebut pada periode yang sama pada tahun 2007.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, tingkat bunuh diri di Jepang terbilang terbesar kedua di kelompok 8 negara industri maju G8 setelah Rusia. Pada bulan Juni 2007, pemerintah Jepang berjanji mengurangi tingkat bunuh diri lebih dari 20 persen menjelang tahun 2016.

Namun, para pekerja sosial Jepang menyebut masalah ini kompleks dan memerlukan waktu untuk mencari solusinya. Perfektur Akita di Jepang utara yang merupakan wilayah dengan angka kasus bunuh diri tertinggi di Jepang dalam 13 tahun terakhir telah menjalankan program pencegahan kasus bunuh diri sejak tahun 2000.

“Kami bersyukur pemerintah memikirkan cara untuk menekan angka kasus bunuh diri, namun mereka tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi,” kata Yukiko Nishihara, pendiri Pusat Pencegahan Bunuh Diri Dunia  Befrienders. Kasus bunuh diri tahunan di Akita yang terdiri dari sekitar 1 juta penduduk mencapai puncaknya pada tahun 2003 dengan sekitar 520 kasus sebelum turun menjadi 420 kasus pada tahun 2007.

“Tidak seperti penyakit, penyebab bunuh diri terletak pada sejumlah masalah sosial yang luas,” kata Sato. “Jadi hal penting yang perlu diperhatikan adalah memahami perubahan dalam kehidupan sosial – misalnya lonjakan angka pengangguran serta pembengkakan utang,” ujarnya.

Jumlah Pulau Berkurang June 19, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment

Selama ini pulau di Indonesia disebutkan berjumlah 17.508, tetapi ternyata data yang menjadi acuan itu tidak sesuai dengan yang ditemukan Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi di lapangan. Diperkirakan hasil verifikasi jauh di bawah jumlah itu.

Hal ini terungkap dalam bedah buku berjudul Toponimi Indonesia, Sejarah Budaya Bangsa yang Panjang dari Permukiman Manusia dan Tertib Administrasi yang ditulis oleh Prof Dr Jacub Rais dan kawan-kawan.

Buku setebal 280 halaman yang diterbitkan Pradnya Paramita itu dibahas oleh Direktur Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan Alex Retraubun serta Direktur Wilayah Administrasi dan Perbatasan Departemen Dalam Negeri Kartiko Purnomo di Jakarta, Rabu (18/6).

Pada acara tersebut juga diluncurkan buku biografi Jacub Rais 80 Tahun, Merintis Geomatika di Indonesia, untuk memperingati 80 tahun usia guru besar emeritus Institut Teknologi Bandung dan mantan Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) ini yang lahir pada 18 Juni 1928.

Selama ini, ungkap Jacub, penyebutan jumlah pulau di Indonesia memang tidak berdasarkan survei yang menyeluruh. Meski demikian, pada tahun 1987 Indonesia telah melaporkan pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) perubahan jumlah pulaunya, dari 13.667 menjadi 17.508.

”PBB sebenarnya tidak minta laporan tentang jumlah pulau. Namun, menjadi kegiatan negara untuk melakukan pembakuan nama geografis, termasuk pembakuan nama pulau,” ujar Jacub, pakar toponimi atau penamaan unsur daerah di muka bumi.

Di Indonesia, pada tahun 1987 jumlah pulau yang bernama tercatat hanya 5.707 pulau.

Tinggal delapan provinsi

Alex, yang menjadi penanggung jawab survei penamaan pulau pada Timnas Pembakuan Nama Rupabumi, menjelaskan, survei yang dilakukan sejak tahun 2005 hingga medio 2007 menghasilkan data 4.981 pulau yang tersebar di enam provinsi.

Jumlah itu telah dibakukan oleh pihak terkait, yaitu Departemen Dalam Negeri, Departemen Kelautan dan Perikanan, serta Bakosurtanal, dan dilaporkan pada Konferensi Ke-9 PBB tentang pembakuan nama geografis.

Menurut Kartiko, sampai Juni 2008 ini terakumulasi 8.172 pulau dari 25 provinsi yang telah diverifikasi.

Ada delapan provinsi lagi yang akan disurvei, antara lain, Nanggroe Aceh Darussalam, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Kartiko dan Alex yakin hasil akhir verifikasi jumlah pulau itu akan jauh lebih sedikit dari 17.508 pulau yang diyakini sekarang ini.

”Data keseluruhan jumlah dan nama pulau di Indonesia akan dilaporkan kepada PBB pada tahun 2012,” lanjut Kartiko.

Sebelumnya, daftar nama pulau tersebut akan dikukuhkan dengan peraturan presiden dan menjadi referensi resmi negara untuk penyelenggaraan pemerintahan, pendidikan, atau kepentingan lain.

Waspada! Kebocoran Gas Karbon Intai AC Mobil Anda June 18, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment

Berulangnya peristiwa meninggalnya para pengendara mobil karena diduga keracunan gas karbonmonoksida yang berasal dari kebocoran AC mobil, tentunya mengundang keprihatinan. Apa yang menyebabkan kebocoran tersebut, dan apa yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk menghindari hal tersebut?

Pemilik sekaligus teknisi AC mobil dari Umara Auto, di Pasar Mobil Kemayoran, Abu menjelaskan, kebocoran tersebut disebabkan ada kebocoran pada selang AC. Penyebab kebocoran, tentu saja karena kurang perhatian dan perawatan terhadap AC mobil.

Bagaimana mendeteksinya? “Biasanya kebocoran itu karena jarang diservis, jarang diteliti. Seharusnya freon, cek oli di dallam kompresor AC, kadang suka membeku. Orang punya mobil kalau terlalu sibuk, kadang kurang memperhatikan, taunya bawa doang. Mendeteksinya memang susah, selang bocor itu biasanya karena meledak. Nah, pas meledaknya itu kadang nggak tahu, karena seringnya nggak ada suara apa-apa,” jelas Abu yang ditemui di bengkelnya.

Teknisi lainnya dari Hering Auto di lokasi yang sama, Sarno berpendapat, kebocoran AC mobil biasanya disebabkan kerapuhan pada ekspansi AC. Usia ekspansi, menurutnya hanya 1 tahun. Selebihnya berisiko rapuh dan menyebabkan kebocoran pada selang AC. “Tapi inilah yang kurang diperhatikan. Kita paham, pemilik mobil mungkin nggak tahu detil sampai ke sana. Yang paling baik, ya servis biar semuanya diteliti. Apalagi ekspansi. Paling tidak minimal 1 tahun sekali harus diganti. Penyakit pemilik kendaraan kan, kalau AC belum berasa panas, nggak akan dicek,” kata Sarno.

Menandai kebocoran selang AC, selain tercium bau menyengat –menurut Abu seperti bau gas elpiji– juga kadang muncul suara berisik dari AC mobil. Saat terjadi seperti ini, kedua teknisi tersebut menyarankan agar segera mematikan AC dan membuka kaca mobil. “Kalau terjadi kebocoran, lebih berbahaya saat mobil berhenti. Kenapa? Karena kalau dalam kondisi mobil berjalan, masih ada sirkulasi udara yang berputar. Kalau berhenti, gas karbon itu akan terkurung gitu aja,” ujar Sarno.

Sementara Abu menambahkan, “Kalau lagi istirahat, seringnya orang itu ya, mesin nyala, AC nyala, kendaraan berhenti. Ini lebih bahaya. Kalau mau istirahat, mesin dan AC tidak perlu dinyalakan, sudah buka kaca mobil saja. Pas mobil berhenti, dengan keadaan mesin dan AC menyala juga memberi peluang meledaknya selang AC,” kata dia.

Baik Sarno maupun Abu menyatakan tak sepakat bahwa kebocoran gas karbon yang terhirup pemilik kendaraan berasal dari knalpot. Menurut mereka, tak ada hubungannya sama sekali dengan knalpot. “Nggak ada hubungannya dengan knalpot. Yang mematikan itu hanya dari AC. Selang AC bocor, baunya (gas karbon) ke dalam, gas karbon terhirup, ini yang menyebabkan kematian,” ujar Abu.

Solusinya? Tak ada pilihan lain, selain melakukan servis AC mobil secara rutin. Minimal 6 bulan sekali. Jika seseorang menghirup gas karbonmonoksida, akan menghambat pengikatan oksigen oleh darah. Hal ini dapat mengakibatkan darah kekurangan oksigen, sehingga menimbulkan pusing pada si penghirup. Tak hanya pusing, bahkan dapat mengakibatkan pingsan dan kematian.

SMS Merah May 13, 2008

Posted by dgaip5 in Uncategorized.
Tags:
add a comment

Isyu tentang nomor telepon berwarna merah cukup membuat puyeng. Berita antah berantah ini muncul dan mulai ramai sekitar hari Kamis 8 Mei yang lalu. Beritanya cukup heboh meski isinya aneh dan kental aroma mistis. Toh tetap ada banyak orang yang percaya dan was-was. Paling tidak turut ‘berbaik hati’ menyampaikan pesan berantai tak bertuan ini ke mana-mana. Terbukti dengan banyaknya SMS yang masuk dan keluar terkait dengan isyu ini.

Yang belum mudeng (nyambung) dengan berita ini silakan simak 2 SMS yang beredar berikut ini:

Kalau ada telp yang Nomor berwarna merah (0866) dan (0666) jangan diangkat karena dapat menelan jiwa. Hari ini sudah disiarkan diberita, terjadi di jakarta dan duri dan sudah terbukti. Sekarang masih di usut oleh pihak kepolisian, dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh melalui telepon genggam (HP) oleh dukun ilmu hitam / si penelpon adalah roh gentayangan yg mencari mangsa, harap di mengerti dan kirim semua, harap saling membantu sesama umat manusia.

atau variasi sms lainnya seperti tanpa menyebutkan digit awal no telpon warna merah.

Klo ada yg tlpn NO BERWRN MERAH jgn diangkat krn bs MENELAN JIWA, hr ini disiarkan dibrita,tjd dijkt&duri, n SDH TERBUKTI, skrg msh diusut o/ pihak KEPOLISIAN, dugaan smntr adl kasus PEMBNHN JRK JAUH MELALUI HP o/ DUKUN ILMU HTM/si penelpon adl ROH GENTAYANGAN yg mencr MANGSA, hrp dimngrt & krm ke tmn/sdr semua, hrp slg membnt ssm umat MANUSIA.

atau SMS semisal dengan redaksi yang sedikit berbeda dan tambah bumbu lainnya. Ini cukup meresahkan, bahkan di beberapa tempat berhasil memakan korban. Namun sebenarnya bukan persis seperti ancaman yang ada dalam berita sms tsb, melainkan lebih pada kondisi kejiwanan (mental) yang menerima sms.

Berita terakhir salah satu putra Uwak Mala (salah seorang asisten istri) unfall dan diopname di RS Kesrem Lhokseumawe setelah menerima sms ini. Usut punya usut, ybs memang punya penyakit jantung. Keterkejutan membuatnya unfall, bukan sihir nomor telpon merah. Karena memang belum ada nomor tsb yang masuk, baru sekedar sms pemberitahuan. Nah lo! Cukup jahat sms iseng ini. Berita tentang korban dapat dibaca di detikinet, silakan browsing.

Ada lagi info tentang sms ngawur ini yang sempat “mematikan” kabupaten Bireuen. Bayangkan, karena termakan isyu, banyak orang dan outlet yang mematikan handphone dan menutup toko pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2008, karena takut kalau-kalau kejadian itu benar adanya. SMS bahkan dibumbui tentang adanya korban sakit bahkan meninggal di Takengon. Keruan orang Bireuen makin paranoid. Padahal tanggal 9 adalah hari diluncurkannya tarif baru simPATI PeDe 13, juga hari dimana para BM Lhokseumawe melakukan spreading ke kota-kota di wilayah kerja graPARI Lhokseumawe. “Bagaimana mau laku pak, banyak toko yang tutup karena isyu sms ‘berhadiah’ kejang-kejang pak”. Setidaknya begitulah laporan salah seorang yang melakukan spreading produk ke Bireuen. Aneh tapi nyata.

Ada teman yang juga anggota dewan yang sempat telpon sekedar konfirmasi kebenaran hal ini. Katanya, WHO pun memperingatkan bahaya ini. Hah?! WHO turut khawatir terhadap nasib bangsa kita terkait dengan sms gak jelas ini. Yang bener aje?! WHO badan dunia dengan seabreg (banyak sekali) masalah yang dihadapi, turun untuk berpartisipasi mengingatakan bahaya ini. Luar biasa! Takhayul ini perlu diperkuat oleh badan kesehatan dunia.

Dulu ramai surat berantai -baik dikirim atau via email- yang mengatasnamakan kuncen makam Nabi Muhammad shallollohu ‘alayhi wa wwlihi wa sallam, yang isinya sepertinya benar namun ada virus TBC (Takhayul, Bid’ah dan Khurofat) di dalamnya. Sekarang tekhnologi berubah. Media yang digunakan bisa beragam termasuk hape yang murah meriah. Targetnya bisa seribusatu macam. Yang pasti tidak perlu kesusu (tergesa gesa) percaya dengan hal yang berbau mistis alias takhayul. Perlu kewaspadaan dan kearifan berfikir sebelum kita memforward sms yang seperti ini. Bahkan sebaiknya kita memberikan pencerahan terhadap orang yang mem-forward ke kita. Ini pelajaran berharga, silakan ambil hikmahnya.